Senin, 07 September 2020

Gerakan Subuh Berjamaah



Dalam rangka memakmurkan Masjid Raya Baiturrahan Simpang Lima Semarang, bidang ketakmiran membuat program Gerakan Shalat Subuh Berjamaah. Program tersebut dilaksanakan sebulan sekali di Hari Ahad minggu pertama, Namun karena pandemi Covid19 program tersebut diberhentikan sementara. Akan tetapi ketika memasuki New Normal program tersebut mulai dilaksanakan kembali dan di mulai pada hari Ahad, 06 September 2020.

Kegiatan dimulai pukul 04.00 WIB dengan melaksanakan Shalat sunnah sendiri - sendiri sambil menunggu Adzan Subuh. Setelah memasuki waktu Subuh langsung dilaksanakan Jama'ah Shalat Subuh dengan Imam Dr. H. Multazam Ahmad, M.A. 

Setelah jama'ah shalat subuh dilanjutkan dengan Tausiah yang disampaikan oleh Drs. KH. Anasom, M. Hum. ( Ketua 1 YPKPI Masjid Raya Baiturrahman Semarang). Dalam tausiah tersebut beliau mengingatkan kembali tentang bulan hijriyah, karena sebagai orang islam harus hafal dan tau tentang bulan hijriyah, beliau mengajak untuk menyebutkan bersama - sama dari bulan Muharram, shafar, Robiul Awal, Robiutsani, Jumadil Ula, Jumaditssani, Rajab, Sya'ban, Ramadhan, Syawal, Dzul Qo'dah, dan Dzul Hijjah.


Beliau juga menyampaikan sejarah awal mulanya Tahun Hijriyah, yaitu di tetapkannya sejak zaman kepemimpinan Khalifah Umar Bin Khattab yang saat itu dimusyawarahkan tentang awal mula Tahu Hijriyah dan di tetapkan dengan kejadian Hijrahnya Nabi Muhammad ke Yasrib / Madinah. Meskipun sebelumnya Nabi Muhammad telah melakukan Hijrah beberapa kali namun yang disepakati untuk menentukan awal tahun Hijriyah adalah peristiwa Hijrahnya Nabi Muhammad ke Madinah.

Seteleh Tausiah selesai dilanjutkan dengan ramah tamah. Adapun yang mengikuti Kegiatan Gerakan Jamaah tersebut Adalah Pebina, pengurus, pengawas, Para Kepala Bidang, Para Kepala Bagian, Para ketua Seksi, Para ketua Lembaga dan Santriwan / Santriwati Panti Asuhan Riyaadlul Jannah. Selain Itu juga ada beberapa jama'ah sekitar dan Musafir.


Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Utama Shalat berjama'ah, dengan luasnya ruangan tersebut maka dapat dilaksanakan protokol Covid19 dengan melakukan Sosial distancing.

Semoga pandemi Covid19 ini segera berakhir sehingga kegiatan untuk memakmurkan Masjid Raya Baiturrahman bisa segera dibuka kembali. Aamiin Yaa Robbal Aalamiin. ( Abd )







 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ceramah Dari Konsultan Bidang Kesehatan Ibu dr. Hj. Nahwa Arkhaesi, M,Si, Med, Sp.A Di LKSA Riyaadlul Jannah

Ahad, 10 Desember 2023 pengurus dan pengasuh LKSA Riyaadlul Jannah mengadakan pertemuan bulanan yang sudah lama berhenti. Kegiatan tersebu...