Rabu, 28 Februari 2018

CERAMAH KESEHATAN DAN PENYERAHAN SERTIFIKAT AKREDITASI 


إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللَّهِ
 “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah.” (QS. Al-Baqarah: 173)
Sabtu sore tepatnya tanggal 24 Februari 2018 di Panti Asuhan Riyaadlul Jannah diadakan pertemuan bulanan. dalam pertemuan tersebut di isi acara  dengan  ceramah kesehatan oleh konsultan dr. H Gunadi MKes dan penyerahan sertifikat akreditasi dari ketua pengurus kepada kepala panti.



Acara diikuti oleh semua anak asuh dan pengurus di Aula pertemuan. dimulai dengan dilantunkannya sholawat nabi oleh group rebana Panti Asuhan Riyaadlul Jannah kemudian di buka oleh MC ( Master Of Ceremony ) saudari Isnani Nur Kholifah, dilanjutkan pembacaan ayat - ayat suci Al qur'an dan terjemahannya oleh Ulfa Miladatun Nikmah dan Kholifatus Sa'adah. Acara  selanjutnya yaitu sima'an Al qur'an oleh anak - anak tahfidz dengan membaca juz 5 sampai selesai.



Adapun acara selanjutnya adalah sambutan dari ketua pengurus oleh Ibu Hj. Trusti Rahayu, beliau menyampaikan beberapa hal diantaranya anak - anak harus bisa jadi yang terbaik dengan menggali banyak prestasi dan menjadi orang sukses kelak. selanjutnya beliau menyampaikan untuk anak - anak Mahasiswa harus ikut TDOJ ( Two Day One Juz ) yaitu dalam waktu dua hari harus bisa menyelesaikan membaca Al qur'an satu juz dengan terjemahannya.


Acara selanjutnya adalah ceramah kesehatan oleh dr. H Gunadi MKes. dalam ceramah tersebut beliau menyampaikan tentang bahayanya memakan daging babi. selain memang agama Islam mengharamkan Babi ternyata memakan daging babi akan menimbulkan banyak penyakit di antaranya Anthrax, Ascaris Suum, Influenza, Leptospirosis, Rabies dll. Adapun alasan kenapa tidak disarankan memakan daging Babi adalah :
1. Karena babi adalah tempat penampung penyakit. beberapa bibit yang dibawa adalah cacing Pita, cacing Spiral, Cacing tambang dsb.
2. Karena daging babi sulit dicerna
3. Karena daging babi tercemar kototran, hal ini disebabkan karena kantung urine babi sering bocor sehingga urine babi merembes ke dalam daging.
4. Karena akan menyebabkan DNA manusia yang memakan babi akan mirip dengannya, sifat buruk babi akan menular ke manusia seperti rakus, kotor dan jorok.



Selesai Acara ceramah dilanjutkan penyerahan sertifikat akreditasi dari ketua pengurus kepada kepala panti secera sombolis. dalam penyerahan tersebut Ibu Trusti selaku Ketua menyampaikan pesan kepada Bp. Abdul Rohman selaku kepala Panti agar bisa mempertahankan Predikat yang telah didapat dalam Visitasi kemarin yaitu predikat A. 


Acara terakhir yaitu penutup dan Shalat Magrib berjamaah. (Abd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ceramah Dari Konsultan Bidang Kesehatan Ibu dr. Hj. Nahwa Arkhaesi, M,Si, Med, Sp.A Di LKSA Riyaadlul Jannah

Ahad, 10 Desember 2023 pengurus dan pengasuh LKSA Riyaadlul Jannah mengadakan pertemuan bulanan yang sudah lama berhenti. Kegiatan tersebu...