Sabtu, 28 Oktober 2017

Pelatihan Kewirausahaan Kesehatan Holistik bersama M Ferry Wong


Pengobatan tradisional seperti pijat telah lama di kenal di masyarakat Indonesia. Hal tersebut diwariskan dan dikembangkan secara lisan dan terbatas pada keturunan atau kerabat dekat seorang ahli pijat. Namun tidak ada catatan otentik tertulis yang sangat diperlukan untuk menjaga keaslian, kebenaran, dan kemanjuran pengobatan. Salah satu pengobatan tradisional dari China yang cukup terkenal adalah akupuntur. Dalam buku “Huang Ti Nei Cing diungkapkan mengenai garis meridian, titik akupunktur, teknik pengobatan dan perjalanan penyakit serta pengobatannya. Sehingga dalam praktik akupuntur terdapat panduan pelaksanaan yang jelas. Dimana dalam tubuh kita terdapat titik-titik akupuntur yang mempunyai pengarus pada organ tubuh kita.
Salah satu ahli akupuntur Indonesia adalah Bapak M Ferry Wong. Pria kelahiran kota Singkawang tersebut merupakan salah satu pendidik dan Penguji Kompetensi Bidang Akupunktur KeMenDikNas. Sampai saat ini beliau telah menulis beberapa buku diantaranya Pijat Mencerdaskan Otak, Panduan Lengkap Pijat, Acuyoga, dan lain sebaganya. Selain itu beliau juga mempunyai Natural Therapy Center : Konsultan pengobatan tradisional yang sudah sering diundang ke beberapa kota di Indonesia untuk melakukan seminar, pelatihan dan konseling. Dan kebetulan untuk bulan ini terdapat di Kota Semarang. Di Semarang, beliau mengadakan pelatihan kewirausahaan kesehatan holistik terutama mengenai jaripunktur kepada para santri panti asuhan di Kota Semarang secara gratis. Alhamdulillah LKSA Riyaadlul Jannah berkesempatan mendapat pelatihan secara langsung oleh beliau. Dimana sebelumnya beberapa bulan yang lalu kami juga telah kedatangan beliau untuk mendapat pelatihan.

Tepatnya pada hari Rabu (25/10) kami menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan kesehatan holistik bagi anak-anak asuh kami. Acara dimulai ba’da shalat maghrib di aula pertemuan LKSA Riyaadlul Jannah. Pada acara tersebut dihadiri oleh para pengurus, pengasuh, anak asuh serta beberapa anak asuh dari LKSA Rahmatan Lil Alamin. Acara di buka oleh ustadz Abdul Rohman selaku perwakilan dari pihak LKSA Riyaadlul Jannah, beliau mengucapkan terimakasih kepada Bapak Ferry Wong dan semoga acara pelatihan bisa memberikan ketrampilan tambahan bagi anak asuh serta bisa menjadi peluang wirausaha kelak ketika terjun di masyarakat. Kemudian langsung dilanjutkan penjelasan materi dari M Ferry Wong. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan tentang Jaripuntur, ilmu pengobatan tradisional China yang hanya terfokus pada jari-jari tangan dan kaki. Masing-masing jari terdapat titik meridian yang berpengaruh pada organ-organ tubuh kita diantaranya lambung, jantung, paru dan lain sebagainya. Selain itu beliau juga menyampaikan mengenai totokpuntur dan smart punktur. Totokpunktur lebih terfokus pada daerah belakang badan atau punggung dari pundak sampai bokong yang menjadi sumber titik terdekat organ tubuh. Sedangkan untuk smartpunktur merupakan suatu teknik rangsangan untuk melancarkan aliran darah, syaraf dan meridian yang menuju ke arah kepala dan otak.

Ditengah penyampaian materi beliau meminta peserta untuk memraktikan materi yang telah disampaikan sebelumnya, jari punktur tangan. Salah satu peserta, Yusuf mencoba memraktekkannya langsung kepada Bapak Ferry Wong. Dan beliau menyampaikan bahwa sebelum melakukan praktik pijat harus ijin dulu kepada pasien sebagai salah satu wujud profesionalitas. Setelah beliau usai menyampaikan materi, para peserta dipersilakan untuk memraktekkan langsung secara berpasangan smartpunktur (pijat kepala), dimana terdapat beberapa titik yang penekanannya tidak boleh terlalu keras seperti daerah leher. Dilanjutkan dengan totokpunktur (pijat daerah punggung), salah satu peserta posisi tengkurap, peserta yang lain memraktekannya. Dengan dipandu oleh Ferry Wong langsung para peserta tampak semangat mempraktekan materi yang telah diajarkan.

Acara diakhiri dengan penutupan dan foto bersama. Harapannya dengan terselenggaranya acara tersebut, semakin menambah wawasan dan ketrampilan anak dalam bidang pijat jaripuntur serta bisa menjadi bekal wirausaha kelak ketika sudah terjun di masyarakat. Aamiin. (MTr/mrym)

2 komentar:

Ceramah Dari Konsultan Bidang Kesehatan Ibu dr. Hj. Nahwa Arkhaesi, M,Si, Med, Sp.A Di LKSA Riyaadlul Jannah

Ahad, 10 Desember 2023 pengurus dan pengasuh LKSA Riyaadlul Jannah mengadakan pertemuan bulanan yang sudah lama berhenti. Kegiatan tersebu...