Selasa, 28 Maret 2017

Pertemuan Bulanan dan Sima'an

Sebaik-baik kalian semua adalah yang belajar Al Qur'an dan mengajarkannya. (Al Hadits). Salah satu hadits tersebut lah yang oleh pengurus Panti Asuhan Riyaadlul Jannah coba terapkan pada semua anak asuh supaya cinta belajar Al Qur'an, maka pada pertemuan bulanan kemarin hari Sabtu, 25 Maret 2017 ditambahkan acara Sima'an Al Qur'an yang dibacakan sambil menghafal oleh Muhammad Abdullah Chasan Yusuf dan Khuwarul Aini. Meskipun yang membaca cuma dua anak Tapi bukan berarti anak anak yang lain bebas tugas, namun mereka tetap harus menyimak dan mengingatkan apabila ada bacaan yang salah pada bacaan dua anak tahfidz tersebut.

















Salah Satu tujuan Sima'an tersebut adalah untuk melatih anak - anak tahfidz supaya terbiasa membaca sambil menghafal di depan umum, selain itu juga untuk memotivasi anak - anak yang lain supaya semangat menghafal Al Qur'an.

Acara tersebut di buka oleh MC Agista Khusnul Yusifa kemudian Pembacaan Ayat ayat suci Al Qur'an oleh Umi Niswatul Karimah dan sari tilawah oleh Nila Ratna Amaliyah. Dan acara tersebut di ikuti oleh semua pengurus, pengasuh, anak - anak asuh dan juga di ikuti oleh salah satu putri dari salah satu konsultan panti Prof. Abu Su'ud yaitu Ibu Trixie Salawati beserta Rombongan beberapa dosen dari UNIMUS. Adapun tempatnya yaitu di Ruang pertemuan yang terletak di asrama putri.


Setelah Acara Sima'an selesai dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua pengurus Ibu Hj.Trusti Rahayu Herawati dan dilanjutkan dengan ceramah kesehatan oleh Ibu Trixie Salawati Dkk. Adapun materi yang di sampaikan adalah tentang CERDIK, yaitu Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres.

Dari masing - masing point tersebut disampaikan langsung oleh teman - teman dari Ibu Trixie Salawati, yang masuk kategori Cek kesehatan secera teratus adalah : 1. cek tekanan darah. 2. cek kadar gula darah. 3. cek lingkar perut. 4. cek kolestrol. 5. cek arus puncak espirasi atau nafas. 6. cek deteksi kanker sejak dini.
Adapun yang masuk kategori Enyahkan Rokok adalah : 1. berbagai racun yang terkandung di dalam rokok.  2. merokok dan hak asasi manusia. sedangkan yang masuk kategori Rajin aktivitas fisik adalah : 1. jenis - jenis aktivitas fisik yang dapat dilakukan. 2. tips melakukan aktivitas fidik yang benar. selanjutnya yang masuk kategori Diet seimbang adalah : 1. batasi gula garam dan lemak. 2. kebutuhan kalori pada tubuh. 3. sepuluh pesan gizi seimbang. yang masuk kategori Istirahat cukup adalah : 1. kebutuhan tidur sesuai usia. 2 ancaman akibat kurang tidur. yang terakhir adalah Kelola stres, yang masuk kategori tersebut adalah ; 1. penyebab stres, 2. bagaimana sikap pada keluarga yang menderita stres, 3. bagaimana mengatasi stres dan mencapai jiwa yang sehat.



Selanjutnya setelah ceramah kesehatan selesai dilanjutkan sholat berjmaah dan foto bersama.
Semoga bermanfaat..... Aamiin. (Abd)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ceramah Dari Konsultan Bidang Kesehatan Ibu dr. Hj. Nahwa Arkhaesi, M,Si, Med, Sp.A Di LKSA Riyaadlul Jannah

Ahad, 10 Desember 2023 pengurus dan pengasuh LKSA Riyaadlul Jannah mengadakan pertemuan bulanan yang sudah lama berhenti. Kegiatan tersebu...