Rabu, 27 Februari 2019

Gerakan Shalat Subuh Berjamaah


Dalam rangka memakmurkan masjid Raya Baiturrahman, para pengurus selalu mengagendakan kegiatan Gerakan Shalat subuh berjmaah sebulan sekali di minggu awal setiap bulannya. Kegiatan tersebut sangat direspon baik oleh jamaah karena selain berjamaah shalat subuh ada juga ceramah / tausiyah yang disampaikan oleh muballigh. pada bulan Februari ini kegiatan tersebut dilaksanakan tgl 03 Februari 2019 dengan Imam Shalat Bp. Drs. KH. Anasom, M. Hum dan yang menyampaikan tausiyah Bp. Dr. H. Abu Rohmad, M. Ag. Beliau adalah sekretaris Komisi Hukum & Perundang Undangan MUI Prov Jateng dan Dosen Fisip UIN Walisongo Semarang.
Dalam tausiyah tersebut beliau menyampaikan cerita tentang Nabi Muhammad yang pada suatu ketika pernah berdoa di masjid Muawiyah / Masjid Ijabah. Nabi Muhammad berdoa dengan meminta 3 hal, yang 2 hal dikabulkan oleh Allah dan yang 1 hal tidak dikabulkan oleh Allah. 2 hal yang dikabulkan oleh Allah adalah :
1. Meminta agar tidak terjadi paceklik
2. Meminta agar tidak terjadi banjir bandang.

Adapun 1 hal yang tidak dikabulkan Allah adalah Nabi Muhammad meminta agar umatnya selalu bersatu dan tidak terpecah belah. Dalam hal ini dijelaskan oleh Bp. Dr. H. Abu Rohmad, M. Ag bahwa tidak dikabulkannya bukan berarti Allah tidak sayang cuma biar ada Unsur Fastabiqul Khoirot, agar umatnya Nabi Muhammad berlomba - lomba dalam menjadi Hamba yang paling baik dan di ridlo'i Allah. SWT.
Kegiatan Gerakan  Subuh Berjamaah ini di ikuti oleh beberapa pengurus Yayasan Pusat Kajian Pengembangan Islam ( YPKPI ), jamaah sekitar, dan santri / Anak asuh dari Panti Asuhan Riyaadlul Jannah.
Setelah selesai tausiyah acara dilanjutkan dengan bermusofahah dan sarapan bubur kacang ijo bersama. ( Abd )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ceramah Dari Konsultan Bidang Kesehatan Ibu dr. Hj. Nahwa Arkhaesi, M,Si, Med, Sp.A Di LKSA Riyaadlul Jannah

Ahad, 10 Desember 2023 pengurus dan pengasuh LKSA Riyaadlul Jannah mengadakan pertemuan bulanan yang sudah lama berhenti. Kegiatan tersebu...