Minggu, 03 September 2017

Nuansa Idul Adha di Riyaadlul Jannah

Jum’at (01/09) atau tepatnya tanggal 10 Dzulhijjah 1438 H umat Islam merayakan salah satu hari raya yaitu Idul Adha. Hari raya yang didalamnya salah satu diantaranya mengajarkan tentang keutamaan serta hikmah dari ibadah qurban. Sebagaimana ajaran Nabi Ibrahim ‘alaihis salaam yang ketika itu Allah memerintahkan beliau untuk menyembelih anak tercintanya sebagai tebusan yaitu Ismail ‘alaihis salaam ketika hari an nahr (Idul Adha). Sehingga pada hari raya Idul Adha sangat dianjurkan untuk berqurban bagi yang mampu yang penyembelihanya dilakukan setelah shalat Ied sampai hari Tasyrik (11-13 Dzulhijjah).
Di Masjid Ali Usman yang terletak di asrama Panti Asuhan dan Rumah Tahfidz Riyaadlul Jannah juga menyelenggarakan kegiatan Shalat Ied dan penyembelihan hewan Qurban. Shalat Ied dilaksanakan pada hari Jum’at (01/09) sekitar pukul 06.00 WIB, yang bertindak selaku Imam dan Khatib yaitu Ust. Abdul Rohman Al Jifary. Sedangkan untuk kegiatan penyembelihan hewan Qurban dilaksanakan pada hari Sabtu (02/09) atau bertepatan tanggal 11 Dzulhijjah 1438 H. Penyembelihan hewan Qurban tahun ini sangat luar biasa berbeda dengan tahun kemarin, yakni berupa 1 ekor sapi dan 14 ekor kambing. Pengurusan penyembelihan hingga pembagian daging qurban dilakukan oleh panitia takmir Masjid Ali Usman dibantu oleh warga sekitar. Alhamdulillah penyembelihan, pemotongan, pengulitan hingga pembagian hewan qurban berjalan dengan lancar. Warga tampak antusias berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Pada kesempatan yang sama pula, ada beberapa warga khususnya ibu-ibu dan dibantu oleh beberapa anak-anak asuh putri memasak bersama, yaitu gulai. Begitu pula anak-anak asuh putra juga tak kalah dalam membantu pemotongan daging qurban. Sekitar 150 bungkus hewan Qurban dibagikan ke warga sekitar. Setelah semua selesai di akhiri dengan makan bersama dan Shalat Dzuhur berjamaah. Alhamdulillah semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar. (MRYM-edited)













       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ceramah Dari Konsultan Bidang Kesehatan Ibu dr. Hj. Nahwa Arkhaesi, M,Si, Med, Sp.A Di LKSA Riyaadlul Jannah

Ahad, 10 Desember 2023 pengurus dan pengasuh LKSA Riyaadlul Jannah mengadakan pertemuan bulanan yang sudah lama berhenti. Kegiatan tersebu...