Senin, 26 Desember 2016

Cara Cerdas Cegah Hipertensi

Hipertensi atau yang sering disebut darah tinggi adalah kondisi yang berlangsung lama (kronis) dimana tekanan darah pada dinding pembuluh darah arteri meningkat. Kondisi ini jarang memiliki gejala yang jelas dan dikenal sebagai “silent killer (pembunuh diam-diam)”karena sebagian besar orang kurang memperhatikannya. Satu-satunya cara untuki mengetahui hipertensi adalah dengan mengukur tekanan darah.
Risiko Mengidap Hipertensi
Penyebab hipertensi belum bisa dipastikan pada lebih dari 90 persen kasus. Seiring bertambahnya usia, kemungkinan untuk menderita hipertensi juga akan meningkat. Berikut ini adalah faktor-faktor pemicu yang diduga dapat memengaruhi peningkatan risiko hipertensi.
§  Berusia di atas 65 tahun.
§  Mengonsumsi banyak garam.
§  Kelebihan berat badan.
§  Memiliki keluarga dengan hipertensi.
§  Kurang makan buah dan sayuran.
§  Jarang berolahraga.
§  Minum terlalu banyak kopi (atau minuman lain yang mengandung kafein).
§  Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras.
Nah bagaimana cara agar terhindar dari hipertensi ? penerapan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan bernutrisi, olahraga teratur, tidak merokok, dan menghindari minuman keras bisa mencegah hipertensi. Beberapa contoh penerapan yang bisa dilakukan meliputi :
§  Makanan. Konsumsilah makanan yang rendah lemak dan kaya serat, seperti beras merah, buah dan sayuran. Kurangi konsumsi garam dalam makanan Anda, setidaknya tidak lebih dari 6 gram garam per hari (sekitar satu sendok teh).
§  Berat Badan. Meski hanya beberapa kilo, menurunkan berat badan akan membuat perbedaan besar pada tekanan darah dan kesehatan secara keseluruhan.
§  Olahraga. Untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga jantung serta pembuluh darah dalam kondisi baik, olahraga dan rutin beraktivitas perlu dilakukan. Bagi orang dewasa, beraktivitas dengan intensitas menengah ( bersepeda atau jalan cepat) setidaknya harus dilakukan selama 2 hingga 3 jam setiap minggu atau 30 menit setiap hari.
§  Terapi relaksasi, seperti yoga atau meditasi. Terapi-terapi tersebut dapat membantu Anda untuk mengendalikan stres.
§  Minuman keras. Risiko hipertensi akan meningkat jika Anda mengonsumsi minuman keras terlalu sering dan berlebihan.
§  Merokok. Rokok tidak menyebabkan hipertensi secara langsung, tapi akan mempertinggi risiko serangan jantung dan stroke karena dapat memicu penyempitan arteri. Kombinasi merokok dan hipertensi akan meningkatkan risiko penyakit jantungatau paru-paru secara drastis.
§  Kafein. Kurangi konsumsi minuman yang mengandung banyak kafein seperti kopi, teh, cola serta minuman berenergi. Meminum lebih dari empat cangkir kopi sehari bisa meningkatkan risiko hipertensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ceramah Dari Konsultan Bidang Kesehatan Ibu dr. Hj. Nahwa Arkhaesi, M,Si, Med, Sp.A Di LKSA Riyaadlul Jannah

Ahad, 10 Desember 2023 pengurus dan pengasuh LKSA Riyaadlul Jannah mengadakan pertemuan bulanan yang sudah lama berhenti. Kegiatan tersebu...