Jumat, 08 Juli 2011

BISNIS UNTUK KEMANDIRIAN PANTI/ORSOS


Panti Asuhan, Panti Wreda, Panti Anak-anak jalanan dan semua organisasi social kebanyakan diidentikkan dengan organisasi yang selalu  meminta bantuan baik kepada Pemerintah maupun masyarakat umum. Disatu sisi keberadaan orsos-orsos tersebut memang dibutuhkan bukan hanya oleh orang-orang yang kurang mampu secara material tetapi juga oleh orang-orang yang mampu.
Kebutuhan akan Panti-panti atau Orsos-orsos bagi orang yang tidak mampu jelas, karena mereka sangat membutuhkan dan memang mereka juga sebagai obyek. Sedangkan kebutuhan akan Panti-panti atau orsos-orsos bagi masyarakat mampu adalah sebagai sarana atau tujuan melepaskan tanggung jawab, karena bagi orang Islam memberikan sebagian dari penghasilan atau kekayaannnya adalah wajib hukumnya, pemberian tersebut ada yang dinamai zakat, Infak, sodakoh atau wakaf. Meskipun masyarakat mampu boleh menyalurkan sebagian rejekinya dimana saja, tapi harus diakui bahwa keberadaan orsos-orsos tersebut sangat membantu.


Pertanyaannya adalah apakah karena panti dibutuhkan juga oleh orang-orang yang mampu sehingga cukup duduk manis menunggu datangnya donatur memberikan zakat, infak, sodakoh atau wakaf ?

Kemandirian Panti

Dari sejak awal mendirian panti/orsos harusnya sudah dipikirkan bagaimana mendanai panti/orsos tersebut agar bisa berjalan dengan baik. Banyak orsos yang didirikan hanya dengan emosi sesaat tanpa perhitungan yang matang, sehingga ditengah jalan kedodoran yang akhirnya para kalayan menjadi korban.
Meskipun semua orang mampu berkewajiban membantu dan memberi, tetapi panti/orsos tidak boleh meminta apalagi menggantungkan hidup dari bantuan orang lain, kemandirian orsos harus dijadikan prinsip oleh para pengurusnya.
Akan lebih baik apabila pengurusnya tidak termasuk yang harus didanai, sehingga pengurus akan mengelola orsos lebih professional karena tidak bercampur dengan kepentingan pribadinya.



Bisnis yang bisa dikelola Panti/Orsos

Agar Panti/orsos bisa melaksanan program-programnya, tentu harus didukung dana. Dana tersebut tidak mungkin datang dengan sendirinya tanpa usaha, kalaupun datang tentu jumlahnya tak akan sesuai dengan kebutuhannya.
Banyak usaha atau bisnis yang bisa dilakukan mulai yang paling sederhana sampai yang lebih kompleks, yang syariah ataupun yang konvensional.

Untuk membuka usaha yang diperlukan adalah modal, modal disini tidak harus berupa uang tapi kemampuan, jadi bisa berupa skil atau ketrampilan, mengetahui kebutuhan lingkungan, kemampuan mengelola dan niat baik berbisnis untuk kemajuan panti/orsos.
Bisnis atau usaha yang bisa dikelola panti/orsos dengan modal dana tidak terlalu besar diantaranya adalah warung/toko sembako, warung makan, persewaan buku, agen Koran/majalah, Air minum isi ulang. Untuk yang modal atau dananya lebih banyak diantaranya foto copy, rental PS, Warnet dan BMT. Sedangkan yang lebih banyak mengandalkan skil atau ketrampilan diantaranya Penjahit, Tambal ban, bengkel, cuci motor/mobil, jasa membuat kotak/rangkaian seserahan  dan masih banyak lagi. Kalau panti/orsos mempunyai lahan bisa juga peternakan, perikanan atau perkebunan.

Keuntungan panti/orsos mempunyai bisnis/usaha

Banyak manfaat yang bisa didapat apabila Panti/orsos mempunyai usaha atau bisnis sendiri, diantaranya adalah :

1.             Bisa membuat program-program untuk kemajuan panti/orsos yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan, karena keuangan dianggarkan sendiri tidak tergantung dari donatur
2.            Bisa memberikan lapangan pekerjaan pada masyarakat yang membutuhkan
3.            Memberi pelajaran pada anak-anak panti untuk berbisnis atau berjuang agar tidak selalu tergantung pada orang lain
4.            Bisa mandiri, tidak tergantung dari donatur. Sehingga dana yang datang dari donatur bisa dianggarkan untuk pembangunan, (kondisi ini baru bisa dicapai apabila dari hasil usaha sudah bisa mencukupi untuk kehidupan rutin)


Mengintip Bisnis/Usaha yang dijalankan Panti Asuhan dan Pembimbingan Muallaf Riyaadlul Jannah

Panti yang pengurusnya ibu-ibu dan dikomandani Ibu Trusti Toto ini, mempunyai beberapa usaha yang telah dijalankan, yang hasilnya bisa dipakai untuk mencukupi kebutuhan harian rumah tangga panti, sehingga dana dari donatur hanya dianggarkan untuk pembangunan.
Panti yang berlokasi di jalan jaten I Woltermonginsidi ini, kebetulan juga mempunyai secretariat di Komplek Masjid Raya Baiturrahman Simpang Lima Semarang. Sekretariat yang semula hanya dipakai mangkal kalau para pengurusnya nunggu anak-anaknya pulang sekolah ini, sekarang telah disulap menjadi ruang usaha yang didalamnya berderet usaha yang hasilnya membuat pengurus bernafas lega karena tidak kemrungsung memikirkan biaya operasional panti yang terus merambat naik.
Meskipun ruangnya tidak terlalu besar, namun mempunyai beberapa keunggulan yang bisa mendukung kemajuan usaha. Diantaranya dekat dengan sekolahan TK dan SD, Masjidnya besar sehingga banyak jamaah dan orang lalu lalang dan lokasinya ditengah kota.

Sedangkan usaha yang dijalankan adalah :
1.             Menyediakan pakaian seragam dan kelengkapan sekolah, SD dan TK Hj Isriati yang mempunyai murid lebih dari 1000 anak dengan bermacam-macam seragam sekolah sesuai hari tersebut adalah rintisan usaha yang pertama kali dibuka
2.            BMT, atau penjualan barang-barang (Elektronik, Hp, mebelair dll) secara kridit atau mencicil. Meskipun masih dalam rintisan, ternyata selalu kekurangan dana karena banyaknya yang mengantri/membutuhkan
3.            Mini Market yang menyediakan berbagai kebutuhan ini, kalau pagi/siang waktu istirahat anak-anak sekolah petugas toko atau kasir pasti kualahan, sehingga pengurus yang ada harus ikut membantu
4.            Travel Biro Perjalanan, usaha ini tidak dijalankan sendiri tetapi bagi hasil dengan Dhian Travel
5.            Menyediakan IO, Dekorasi, Rias pengantin dan catering ini juga kerja sama dengan Rumah Dekor Anisa

Hasil surve menyatakan lebih dari 75% orang mendapat rejeki dari bisnis/usaha, jadi panti/orsos kalau pingin maju, juga perlu bisnis. (trust)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ceramah Dari Konsultan Bidang Kesehatan Ibu dr. Hj. Nahwa Arkhaesi, M,Si, Med, Sp.A Di LKSA Riyaadlul Jannah

Ahad, 10 Desember 2023 pengurus dan pengasuh LKSA Riyaadlul Jannah mengadakan pertemuan bulanan yang sudah lama berhenti. Kegiatan tersebu...