Sabtu, 30 Juli 2016

Halal Bihalal bersama Orangtua Anak Asuh

Bulan Syawal identik dengan bulan penuh maaf, karena pada awal bulan ini Hari Raya Idul Fitri dirayakan oleh seluruh umat Islam. Meskipun bisa dilakukan di bulan selain Syawal, namun bulan Syawal masih menjadi momen yang tepat untuk saling bermaaf-maafan lengkap dengan kegiatan halal bihalal. Pada bulan ini pengurus panti asuhan, bimbingan muallaf dan rumah tahfidz Riyaadlul Jannah Baiturrahman menyelenggarakan halal bihalal bersama orang tua/wali anak asuh. kegiatan yang rutin tahunan ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 30 Juli 2016 bertempat di Masjid Ali Usman, PA Riyaadlul Jannah. Selain Para pengurus, pengasuh, dan orang tua anak asuh, acara tersebut juga dihadiri oleh para alumni PA Riyaadlul Jannah. Acara dimulai ba'da Ashar sekitar pukul 16.00 WIB.
Para tamu disambut dengan hiburan group rebana putra Riyaadlul Jannah yang membawakan beberapa shalawat sehingga semakin memeriahkan acara halal bihalal. Acara dibuka oleh mas Tri, selaku pembawa acara, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh saudari Maryam dan Indah. Sambutan dari pengurus disampaikan oleh Ibu Hj Trusti Toto yang menekankan pentingnya kerjasama orangtua dengan pihak PA untuk mensukseskan tujuan pendidikan dan untuk mencapai hasil pendidikan anak yang optimal. Selain beliau juga menyampaikan beberapa gambaran peraturan yang ada di panti, seperti aturan untuk menjenguk anak, kepulangan anak, larangan dan konsekuensi apabila orangtua memberikan uang saku kepada anak karena semua biaya anak asuh yang tingga di Panti sudah ditanggung dari pihak panti. Kemudian secara detail tata tertib disampaikan oleh Ust Abdul Rohman, diantaranya anak dilarang menggunakan hape, merokok, dan lain sebagainya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada anak-anak yang berprestasi di semester kemaren. adapun anak-anak yang berprestasi adalah Nila (rangking 1 MAN 2 Semarang), Muthmainnah (rangking 2 SMK Cut Nya Dien), hayuningtyas (rangking 3 MAN 2 Semarang), Habib (Rangking 3 SMK Pandanaran), Lifa (rangking 4 SMK Cut Nya Dien), Galang (rangking 4 MTs Futuhiyyah), Stefani (rangking 3 MTs Futuhiyah) . Hal ini bertujuan untuk memberi motivasi anak anak yang lain untuk semakin semangat berprestasi. Dianjutkan dengan penyerahan buku tabungan anak-anak yang telah menyelesaikan pendidikan SLTA, mereka adalah RoyoTriyono (SMK Tlogosari), Siti Afiyah (MA Syaroful Millah), Eny Riyanti (MA Syaroful Millah). Dimana tabungan ini merupakan uang yang didapatkan anak dari kunjungan atau santunan selama anak tinggal di panti asuhan.

Pada kesempatan tersebut juga ada sesi testimoni alumni yang diwakili oleh mas tri, menyampaikan kesuksesan perlu perjuangan. Dimana untuk meraih kesuksesan butuh adanya usaha, banyak rintangan dan akan selalu ada jalan bagi orang yang bersungguh-sungguh. Kunci sukses ada tiga : manut, nrimo lan sabar. dan di akhir acara pembacaan doa yang dipimpin oleh Ust Hasyim Asy ari Al Hafidz.

Acara diakhiri dengan sesi foto-foto dan makan bersama. dengan diadakan nya acara ini diharapkan dan menjali silaturrahmi sekaligus komunikasi antara pihak panti dan orangtua/wali anak asuh.

1 komentar:

Ceramah Dari Konsultan Bidang Kesehatan Ibu dr. Hj. Nahwa Arkhaesi, M,Si, Med, Sp.A Di LKSA Riyaadlul Jannah

Ahad, 10 Desember 2023 pengurus dan pengasuh LKSA Riyaadlul Jannah mengadakan pertemuan bulanan yang sudah lama berhenti. Kegiatan tersebu...