Rabu, 08 November 2017

Wisuda dan Sumpah Dokter M Tri Sutrisno

    Setelah menyelesaikan masa pendidikan profesi dokter, M Tri Sutrisno, S. Ked. akhirnya diwisuda dan diambil sumpahnya sebagai dokter. Tri, panggilan akrabnya berhasil menempuh studi profesi dokter selama kurang lebih 2 tahun di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Dimana sebelumnya telah menempuh pendidikan S1 kedokteran selama 4 tahun. Tepatnya pada hari Jum’at (3/11) dilaksanakan sumpah dokter ke-220 FK Undip di kampus Tembalang. Bersama dengan 60 rekan sejawat lainnya, Tri mengikuti prosesi pengambilan sumpah dokter dengan didampingi oleh orangtua. Orangtua dan tamu undangan memasuki ruangan upacara prosesi, sedangkan para wisudawan yang akan diambil sumpahnya baris bersiap memasuki ruang prosesi.
    Dengan alunan musik karawitan, para wisudawan satu persatu memasuki ruang prosesi berdiri di depan kursi masing-masing. Dewan prosesi yang terdiri Dekan, wakil dekan, guru besar, ketua senat akademik, kepala program studi, beserta jajaran civitas akademika FK Undip memasuki ruang prosesi diiringi dengan Lagu Hymne Guru oleh paduan suara mahasiswa. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. dr. Helmia, SpA, PhD selaku kepala program studi Profesi Dokter membacakan nama-nama dokter baru yang akan diambil sumpahnya. Nama-nama yang dipanggil maju kedepan berbaris menempatkan posisi sesuai agama masing-masing. Pada kesempatan kali ini terdiri dari Islam, Kriten, Katholik dan Hindu, yang masing-masing didampingi oleh rohaniawan. Pembacaan lafal sumpah dokter dipimpin langsung oleh Prof.Dr.dr. Tri Nur Kristina, DMM, Mkes., selaku dekan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Yang ditirukan secara serepak oleh para calon dokter. Usai pembacaan lafal sumpah, menyanyikan lagu bagimu negeri dipandu oleh paduan suara mahasiswa.
   Dilanjutkan dengan penyerahan transkrip nilai oleh dekan dan wakil dekan I bidang kemahasiswaan. Dengan didampingi orang tua para dokter baru menerima transkrip dan bersalaman dengan dekan, wakil dekan I. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang terdiri dari perwakilan dokter baru, perwakilan orang tua, direktur utama RSUP dr Kariadi, Dekan Fakultas Kedokteran Undip. Acara selanjutnya persembahan penampilan dari dokter baru. Dan diakhiri dengan do’a oleh dr. Fathur, SpPD. Dokter baru yang telah diambil sumpahnya mengikuti acara tradisional berupa siraman yang dilakukan oleh para dewan guru.


    Sedangkan untuk acara wisuda universitas dilakukan terpisah pada hari Selasa (7/11), para dokter baru yang telah diambil sumpahnya mengikuti wisuda Universitas Diponegoro ke-148 periode IV tanggal 7-10 November 2017 bertempat di Auditorium Imam Barjo kampus Undip Peleburan Semarang. Tri berhasil lulus dengan IPK 3,76, predikat “Cumlaude”. Pada kesempatan ini Tri menyampaikan ucapan terimakasih kepada berbagai pihak.


Segala puji hanya milik Allah. Shalawat salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad. Terimakasih kepada ibu dan keluarga yang tiada hentinya selalu mendukung dan mendoakan. Kepada semua guru-guru kami, teman sejawat, bidikmisi, pengurus, pengasuh dan anak-anak Riyaadlul Jannah yang selama ini telah mensupport  dan membimbing saya. Serta semua pihak yang telah membantu, membimbing dan mendukung saya sehingga saya bisa sampai hingga tahap ini. Semoga Allah membalas semua kebaikan kebaikan dari Bapak/Ibu/Saudara/i sekalian. Dan Semoga ilmu yang saya peroleh, dapat menjadi bekal untuk kemanfaatan di masyarakat.” ungkapnya.

    Semoga dengan gelar baru ini, Tri bisa menjalankan amanah sesuai profesi sebagai dokter dengan baik. Sekaligus bisa menjadi contoh dan motivasi buat adik-adik anak asuh Panti Asuhan Riyaadlul Jannah untuk selalu semangat meraih prestasi. Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin ketika Allah sudah berkehendak, diikuti dengan kesungguhan diri untuk meraihnya. Selamat dr. M Tri Sutrisno !

1 komentar:

Ceramah Dari Konsultan Bidang Kesehatan Ibu dr. Hj. Nahwa Arkhaesi, M,Si, Med, Sp.A Di LKSA Riyaadlul Jannah

Ahad, 10 Desember 2023 pengurus dan pengasuh LKSA Riyaadlul Jannah mengadakan pertemuan bulanan yang sudah lama berhenti. Kegiatan tersebu...