Senin, 13 November 2017

dr. Nahwa Arkhaesi Sp.A : Pentingnya Tumbuh Kembang Anak

Sabtu (11/11) pengurus panti asuhan dan rumah tahfidz Riyaadlul Jannah menyelenggarakan pertemuan rutin bulanan di aula pertemuan Panti asuhan. Dengan ceramah bidang kesehatan disampaikan oleh dr. Nahwa Arkhaesi, MSi.Med., Sp.A. Acara dimulai ba’da Ashar, disambut dengan iringan musik group rebana Riyaadlul Jannah. Acara dipandu oleh ananda M Ali Mursidi selaku MC dan dibuka dengan lantunan ayat suci Al QurĂ¡n yang dibacakan oleh ananda M Fatkhul Majid serta sari tilawah Rohyat Yushibur.


Ibu Trusti Toto selaku ketua pengurus memperkenalkan sekilas profil panti asuhan mulai dari bangunan asrama, fasilitas-fasilitas hingga kegiatan keseharian anak asuh. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa di Panti Riyaadlul Jannah mempunyai beberapa anak asuh yang terdiri dari anak asuh dalam asrama, anak asuh diluar panti, anak asuh mahasiswa dan santri tahfidz. Anak asuh dalam asrama adalah anak-anak yang kesehariannya tinggal dan mengikuti kegiatan di panti asuhan, untuk anak asuh di luar panti adalah anak-anak yang masih dalam pengasuhan keluarga namun mendapat bantuan dari panti asuhan. Kemudian anak asuh mahasiswa adalah anak-anak alumni panti yang melanjutkan kuliah, dimana setiap bulannya mendapat bantuan dana dan sembako, sedangkan santri tahfidz adalah anak-anak yang mengikuti program menghafal Qur’an yang bekerjasama dengan PPPA Daarul Qur’an pimpinan Ustadz Yusuf Mansur.

    Selanjutnya penyampaian ceramah kesehatan yang disampaikan oleh dr. Nahwa Arkhaesi, MSi.Med., Sp.A. Beliau menyampaikan materi mengenai tumbuh kembang anak. Sebelum penyampaian materi beliau memutarkan sebuah video yang berisi foto-foto beliau dari masa kecil hingga sekarang. Para audien diminta untuk memberikan tanggapan tentang video tersebut. Beberapa anak kami, Hadi dan Nila pun dengan antusias memberikan tanggapannya. Begitu juga dengan salah satu pengurus panti, Ibu Purwani Widodo. Masing-masing anak yang berani maju mendapat hadiah.



Kemudian beliau menyampaikan mengenai pentingnya tumbuh kembang pada anak. Tumbuh kembang merupakan dua proses yang berbeda, namun saling berkaitan satu sama lain. Tumbuh merupakan proses bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau seluruhnya sehingga dapat diukur dengan satuan (tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, dsb). Sedangkan kembang merupakan bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih komplek dalam proses pematangan fungsi organ sejak pembuahan dalam rahim sampai remaja bersifat kualitatif yg pengukurannya lebih sulit daripada pertumbuhan. Terdapat beberapa faktor kenapa tumbuh kembang anak berbeda-beda diantaranya faktor genetik, faktor lingkungan dan faktor adanya intervensi seperti nutrisi, stimulasi, pola pengasuhan dan lain sebagainya.
Adapun ciri tumbuh kembang anak diantaranya :
1.       Perkembangan menimbulkan perubahan
2.   Pertumbuhan dan perkembangan pada tahap awal akan menentukan perkembangan selanjutnya
3.       Pertumbuhan & perkembangan mempunyai kecepatan  yang berbeda
4.       Perkembangan berkorelasi dengan pertumbuhan
5.       Perkembangan mempunyai pola yang menetap
6.       Perkembangan memiliki tahap yang berurutan (mengikuti pola yang teratur dan berurutan)

Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa Terdapat periode emas dalam tumbuh kembang, yaitu suatu momen yang sangat penting yang akan berpengaruh terhadap kualitas biopsikofisikososial anak. Periode emas tersebut terjadi pada tiga tahun pertama kehidupan dimana pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak masih berlangsung. Jumlah dan pengaturan hubungan sel saraf ini menentukan kinerja otak yang dapat bermanifestasi diantaranya pada kemampuan belajar berjalan, mengenal huruf, kecerdasan dan bersosialisasi anak. Sehingga peran orang tua terutama IBU sangat besar terhadap tumbuh kembang anak.


Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, penanya pertama dari ananda Nila menanyakan pada anak usia 17 tahun tapi kondisi fisiknya masih kecil apa yang harus dilakukan. Kemudian tanggapan dari dr Esi, bahwa seperti yang telah disampaikan bahwa tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor genetik, lingkungan dan intervensi. Jadi kemungkinan penyebabnya bisa dari beberapa faktor. Lalu apa yang harus dilakukan, yang pertama tentunya berdoa memohon kepada Allah. Kemudian bisa diimbangi dengan olahraga dan nutrisi. Untuk penanganan obat-obatan bisa dikonsultasikan dengan dokter. Sedangkan penanya kedua dari saudara wahyudi, yang intinya menanyakan perbedaan kenapa anak-anak di desa kualitas tumbuh kembangnya lebih rendah dibanding anak-anak dikota. Langsung ditanggapi oleh beliau, kembali lagi bahwa tumbuh kembang anak banyak faktor yang mempengaruhi. Dalam kasus ini terutama dari segi pengetahuan orang tua mengenai tumbuh kembang anak.


Usai sesi tanya jawab, acara diakhiri dengan doa dan foto bersama. Semoga dengan penyampaian materi dari dr Esi semakin menambah wawasan kita tentang pentingnya tumbuh kembang anak. Serta kualitas dan kesehatan anak-anak Indonesia semakin lebih baik.


1 komentar:

Ceramah Dari Konsultan Bidang Kesehatan Ibu dr. Hj. Nahwa Arkhaesi, M,Si, Med, Sp.A Di LKSA Riyaadlul Jannah

Ahad, 10 Desember 2023 pengurus dan pengasuh LKSA Riyaadlul Jannah mengadakan pertemuan bulanan yang sudah lama berhenti. Kegiatan tersebu...