Sabtu, 25 Januari 2014

dr. Nahwa Arkhaesi, Sp.A. : "Waspada DBD !!"

Salah satu program rutin kami adalah kegiatan bersama para konsultan panti. Dimana dijadwal secara bergantian sesuai bidang masing-masing dengan tujuan untuk lebih mengembangkan panti dan meningkatkan wawasan anak asuh kami. Beberapa diantaranya adalah Prof. Abu Suúd (konsultan kerohanian), dr. Siti Nuraini, Sp KJ (Psikiater, konsultan kesehatan), H. Ateng Ghozani, SE, MSi, Dra Sri Tantowiyah, MPd (Konsultan Pendidikan), dr. Nahwa Arkhaesi, MSi Med, Sp A (Spesialis Anak) dan lain-lain.


Dan untuk bulan ini (25/01) jadwal kegiatan bersama dr. Nahwa Arkhaesi, MSi Med, Sp A. Acara dimulai sekitar 16.00 WIB di asrama putri PA Riyaadlul Jannah. Dalam acara tersebut dr Arkhaesi memberikan materi ceramah kesehatan tentang Demam Berdarah Dangue (DBD). Beliau memaparkan mulai dari sebaran penyakit, penyebab, gejala, jalan penyakit sampai penangan dan pencegahan. Ternyata pengetahuan yang selama ini berkembang di masyarakat banyak terdapat misconception (konsep yang keliru) tentang DBD. Dimana pengetahuan dulu tentang DBD adalah terjadi pada anak, kalau terjadi perdarahan akan mengalami kematian, penyakit berbahaya. Ternyata bisa terjadi pada semua usia, yang menyebabkan kematian bukan perdarahannya melainkan syok yang terjadi akibat kebocoran plasma, dan DBD termasuk kedalam golongan Self Limiting Disease (penyakit yang bisa sembuh sendiri) sesuai dengan tahapan perjalanan penyakit. Dimana diawali dengan demam akut skitar 3 hari, kemudian demam turun pada hari ke 4-6 justru yang paling berbahaya pada fase ini terjadi kebocoran plasma yang menyebabkan syok, dan dilanjutkan proses penyembuhan mulai hari ke 7 dimana trombosit akan kembali naik.
Selain itu beliau menjelaskan bagaimana virus dangue menular ke manusia, yaitu melalui vector (perantara) nyamuk Aedes aegypti betina dan Aedes albopictus betina dengan ciri hidup di air jernih, dalam tubuhnya terdapat bintik-bintik, saat menusuk posisi tubuh datar. Pencegahan DBD biasa dikenal 3M Plus : Menguras bak mandi, Menutup bak mandi, Mengubur barang bekas, Menghindari gigitan nyamuk.

Dalam kesempatan tersebut ada penyerahan hadiah untuk anak-anak asuh kami yang semester kemaren mendapat ranking 5 besar dikelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ceramah Dari Konsultan Bidang Kesehatan Ibu dr. Hj. Nahwa Arkhaesi, M,Si, Med, Sp.A Di LKSA Riyaadlul Jannah

Ahad, 10 Desember 2023 pengurus dan pengasuh LKSA Riyaadlul Jannah mengadakan pertemuan bulanan yang sudah lama berhenti. Kegiatan tersebu...